Cara Skrinsut Laptop Asus

administrator

Screenshot atau tangkapan layar merupakan fitur yang sangat penting bagi pengguna laptop atau komputer. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengabadikan tampilan layar mereka, baik sebagian atau seluruhnya. Ada berbagai cara untuk melakukan screenshot, tergantung pada sistem operasi dan perangkat yang digunakan.

Pada laptop Asus, terdapat beberapa cara untuk melakukan screenshot. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan tombol Print Screen (PrtScn) yang biasanya terletak di bagian atas keyboard. Ketika tombol ini ditekan, gambar dari seluruh layar akan disalin ke clipboard. Untuk menyimpan gambar tersebut, pengguna dapat membuka aplikasi pengolah gambar seperti Microsoft Paint atau Photoshop, lalu menempelkan gambar dari clipboard ke dalam aplikasi tersebut.

Selain menggunakan tombol Print Screen, pengguna juga dapat melakukan screenshot dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtScn. Cara ini akan menyimpan gambar screenshot secara otomatis ke dalam folder Pictures di komputer pengguna. Jika pengguna hanya ingin mengambil screenshot dari sebagian layar saja, mereka dapat menggunakan fitur Snipping Tool yang tersedia pada sistem operasi Windows.

Cara Skrinsut Laptop Asus

Screenshot atau tangkapan layar merupakan fitur yang sangat penting bagi pengguna laptop atau komputer. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengabadikan tampilan layar mereka, baik sebagian atau seluruhnya. Ada berbagai cara untuk melakukan screenshot, tergantung pada sistem operasi dan perangkat yang digunakan.

  • Tombol Print Screen (PrtScn)
  • Kombinasi tombol Windows + PrtScn
  • Fitur Snipping Tool
  • Aplikasi pihak ketiga
  • Ekstensi browser
  • Layanan online
  • Perintah command line
  • Pintasan keyboard khusus
  • Fitur bawaan pada laptop Asus

Masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Pengguna dapat memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Misalnya, jika pengguna ingin mengambil screenshot secara cepat dan mudah, mereka dapat menggunakan tombol Print Screen. Namun, jika pengguna ingin mengambil screenshot dari sebagian layar saja, mereka dapat menggunakan fitur Snipping Tool.

Tombol Print Screen (PrtScn)


Tombol Print Screen (PrtScn), Tutorial

Tombol Print Screen (PrtScn) merupakan salah satu cara termudah untuk melakukan screenshot pada laptop Asus. Tombol ini biasanya terletak di bagian atas keyboard, di sebelah tombol F12. Ketika tombol ini ditekan, gambar dari seluruh layar akan disalin ke clipboard. Untuk menyimpan gambar tersebut, pengguna dapat membuka aplikasi pengolah gambar seperti Microsoft Paint atau Photoshop, lalu menempelkan gambar dari clipboard ke dalam aplikasi tersebut.

  • Keuntungan menggunakan tombol Print Screen:

    Mudah dan cepat digunakan. Tidak memerlukan aplikasi tambahan. Bekerja pada semua versi Windows.

  • Kekurangan menggunakan tombol Print Screen: Hanya dapat mengambil screenshot dari seluruh layar. Tidak dapat mengedit screenshot secara langsung. Hasil screenshot disimpan dalam format bitmap, yang memiliki ukuran file yang besar.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, tombol Print Screen tetap menjadi cara yang populer untuk melakukan screenshot pada laptop Asus karena kemudahan dan kesederhanaannya.

Kombinasi Tombol Windows + PrtScn


Kombinasi Tombol Windows + PrtScn, Tutorial

Kombinasi tombol Windows + PrtScn merupakan salah satu cara mudah untuk melakukan screenshot pada laptop Asus. Ketika kombinasi tombol ini ditekan, gambar dari seluruh layar akan secara otomatis disimpan sebagai file gambar PNG di folder Pictures pada komputer pengguna.

  • Keuntungan menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtScn:

    Mudah dan cepat digunakan. Tidak memerlukan aplikasi tambahan. Hasil screenshot disimpan dalam format PNG yang memiliki kualitas gambar yang baik dan ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan format bitmap.

  • Kekurangan menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtScn: Hanya dapat mengambil screenshot dari seluruh layar. Tidak dapat mengedit screenshot secara langsung.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, kombinasi tombol Windows + PrtScn tetap menjadi cara yang populer untuk melakukan screenshot pada laptop Asus karena kemudahan dan kepraktisannya. Kombinasi tombol ini juga tersedia pada semua versi Windows, sehingga pengguna tidak perlu menginstal aplikasi tambahan atau mempelajari cara pintas keyboard yang rumit.

Fitur Snipping Tool


Fitur Snipping Tool, Tutorial

Fitur Snipping Tool merupakan salah satu cara terbaik untuk melakukan screenshot pada laptop Asus. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dari sebagian layar saja, sehingga lebih fleksibel dibandingkan dengan tombol Print Screen atau kombinasi tombol Windows + PrtScn yang hanya dapat mengambil screenshot dari seluruh layar.

  • Cara menggunakan Snipping Tool:

    Buka menu Start dan ketik “Snipping Tool” pada kolom pencarian. Klik aplikasi Snipping Tool yang muncul pada hasil pencarian. Pilih jenis screenshot yang diinginkan (mode bebas, persegi panjang, jendela, atau layar penuh). Klik dan seret kursor untuk memilih area layar yang ingin di-screenshot. Setelah area yang diinginkan dipilih, klik tombol “New” untuk mengambil screenshot. Gambar screenshot akan secara otomatis disimpan ke clipboard. Pengguna dapat menempelkan gambar tersebut ke dalam aplikasi pengolah gambar atau dokumen lainnya.

  • Keuntungan menggunakan Snipping Tool:

    Dapat mengambil screenshot dari sebagian layar saja. Menyediakan berbagai mode screenshot untuk fleksibilitas. Memungkinkan pengguna untuk mengedit screenshot secara langsung (menambahkan anotasi, memotong, atau mengubah ukuran). Hasil screenshot disimpan dalam format PNG yang memiliki kualitas gambar yang baik dan ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan format bitmap.

  • Kekurangan menggunakan Snipping Tool:

    Tidak tersedia pada semua versi Windows. Membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengambil screenshot dibandingkan dengan tombol Print Screen atau kombinasi tombol Windows + PrtScn. Tidak dapat mengambil screenshot dari menu drop-down atau jendela pop-up.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, Snipping Tool tetap menjadi pilihan yang sangat baik untuk melakukan screenshot pada laptop Asus karena fleksibilitas dan fitur pengeditannya yang lengkap.

Aplikasi Pihak Ketiga


Aplikasi Pihak Ketiga, Tutorial

Aplikasi pihak ketiga merupakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahaan atau individu di luar produsen perangkat keras atau sistem operasi. Aplikasi pihak ketiga dapat memberikan fungsionalitas tambahan atau meningkatkan fungsionalitas yang sudah ada pada perangkat atau sistem operasi.

Dalam konteks cara skrinsut laptop Asus, aplikasi pihak ketiga dapat memberikan fitur dan kemampuan yang tidak tersedia pada fitur bawaan laptop Asus. Misalnya, aplikasi pihak ketiga dapat memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dari sebagian layar saja, mengedit screenshot secara langsung, atau mengambil screenshot dari menu drop-down atau jendela pop-up.

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang populer untuk mengambil screenshot pada laptop Asus antara lain:

  • Snipaste
  • Lightshot
  • Greenshot
  • PicPick
  • ShareX

Aplikasi pihak ketiga ini menawarkan berbagai fitur dan kemampuan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Misalnya, Snipaste memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dan menempelkannya ke layar sebagai gambar mengambang, sementara Lightshot memungkinkan pengguna untuk mengedit screenshot secara langsung dan membagikannya secara online.

Penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot pada laptop Asus dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pengguna. Aplikasi pihak ketiga dapat memberikan fitur dan kemampuan yang tidak tersedia pada fitur bawaan laptop Asus, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan lebih mudah, cepat, dan efisien.

Ekstensi Browser


Ekstensi Browser, Tutorial

Ekstensi browser merupakan perangkat lunak tambahan yang dapat dipasang pada browser web untuk menambah fitur dan fungsionalitas. Dalam konteks cara skrinsut laptop Asus, ekstensi browser dapat memberikan kemampuan tambahan untuk mengambil screenshot pada laptop Asus.

  • Kemudahan Penggunaan: Ekstensi browser biasanya mudah dipasang dan digunakan. Pengguna hanya perlu menambahkan ekstensi ke browser mereka dan mengikuti petunjuk yang diberikan.
  • Fitur Tambahan: Ekstensi browser dapat menyediakan berbagai fitur tambahan yang tidak tersedia pada fitur bawaan laptop Asus. Misalnya, ekstensi browser dapat memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dari sebagian layar saja, mengedit screenshot secara langsung, atau mengambil screenshot dari menu drop-down atau jendela pop-up.
  • Otomatisasi: Beberapa ekstensi browser memungkinkan pengguna untuk mengotomatiskan proses pengambilan screenshot. Misalnya, pengguna dapat mengatur ekstensi browser untuk secara otomatis mengambil screenshot pada interval waktu tertentu atau ketika pengguna mengunjungi situs web tertentu.
  • Integrasi: Ekstensi browser dapat diintegrasikan dengan layanan lain, seperti penyimpanan cloud atau alat manajemen proyek, sehingga memudahkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi screenshot.

Penggunaan ekstensi browser untuk mengambil screenshot pada laptop Asus dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pengguna. Ekstensi browser dapat memberikan fitur dan kemampuan tambahan yang tidak tersedia pada fitur bawaan laptop Asus, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan lebih mudah, cepat, dan efisien.

Layanan Online


Layanan Online, Tutorial

Layanan online merupakan salah satu cara yang semakin populer untuk melakukan screenshot pada laptop Asus. Layanan online ini biasanya berbasis web, sehingga pengguna dapat mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja melalui browser web.

Ada banyak layanan online yang tersedia untuk mengambil screenshot, beberapa di antaranya adalah:

  • Screenshot.net
  • Screencapture.com
  • Lightshot.com
  • Snagit.com
  • PicPick.com

Layanan online ini menawarkan berbagai fitur dan kemampuan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Misalnya, beberapa layanan online memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dari sebagian layar saja, mengedit screenshot secara langsung, atau mengambil screenshot dari menu drop-down atau jendela pop-up.

Penggunaan layanan online untuk mengambil screenshot pada laptop Asus memiliki beberapa keuntungan. Pertama, layanan online biasanya mudah digunakan dan tidak memerlukan instalasi perangkat lunak tambahan. Kedua, layanan online dapat diakses dari mana saja dan kapan saja melalui browser web. Ketiga, layanan online biasanya menawarkan berbagai fitur dan kemampuan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Perintah Command Line


Perintah Command Line, Tutorial

Perintah command line merupakan salah satu cara untuk melakukan screenshot pada laptop Asus. Cara ini dapat digunakan pada semua versi Windows, sehingga pengguna tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Untuk menggunakan perintah command line, pengguna dapat membuka jendela command prompt (cmd) dan menjalankan perintah berikut:

mshta vbscript:CreateObject("WScript.Shell").SendKeys("{PRTSC}")      

Setelah perintah tersebut dijalankan, gambar screenshot akan secara otomatis disimpan ke clipboard. Pengguna dapat menempelkan gambar tersebut ke dalam aplikasi pengolah gambar atau dokumen lainnya.

Meskipun perintah command line dapat digunakan untuk mengambil screenshot, cara ini memiliki beberapa kekurangan. Pertama, perintah command line hanya dapat mengambil screenshot dari seluruh layar. Kedua, perintah command line tidak memungkinkan pengguna untuk mengedit screenshot secara langsung.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, perintah command line tetap menjadi salah satu cara yang mudah dan cepat untuk melakukan screenshot pada laptop Asus. Cara ini sangat berguna bagi pengguna yang tidak ingin menginstal aplikasi tambahan atau yang membutuhkan cara cepat untuk mengambil screenshot.

Pintasan Keyboard Khusus


Pintasan Keyboard Khusus, Tutorial

Pintasan keyboard khusus merupakan kombinasi tombol pada keyboard yang dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan lebih cepat dan efisien. Dalam konteks cara skrinsut laptop Asus, pintasan keyboard khusus dapat digunakan untuk mengambil screenshot dengan lebih cepat dan mudah.

Ada beberapa pintasan keyboard khusus yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot pada laptop Asus, tergantung pada versi Windows yang digunakan. Pada Windows 10 dan 11, pengguna dapat menggunakan pintasan keyboard “Windows + PrtScn” untuk mengambil screenshot dari seluruh layar. Screenshot yang diambil akan secara otomatis tersimpan di folder Pictures pada komputer pengguna.

Selain pintasan keyboard “Windows + PrtScn”, pengguna juga dapat menggunakan pintasan keyboard “Alt + PrtScn” untuk mengambil screenshot dari jendela yang sedang aktif. Screenshot yang diambil akan secara otomatis tersimpan ke clipboard, sehingga pengguna dapat menempelkannya ke aplikasi pengolah gambar atau dokumen lainnya.

Pintasan keyboard khusus sangat penting bagi pengguna yang sering mengambil screenshot. Dengan menggunakan pintasan keyboard khusus, pengguna dapat mengambil screenshot dengan lebih cepat dan mudah, sehingga menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas.

Fitur Bawaan pada Laptop Asus


Fitur Bawaan Pada Laptop Asus, Tutorial

Laptop Asus umumnya telah dilengkapi dengan fitur bawaan untuk mengambil screenshot, memudahkan pengguna untuk mengabadikan tampilan layar mereka. Fitur ini terintegrasi ke dalam sistem operasi Windows, sehingga pengguna tidak perlu menginstal aplikasi tambahan.

Salah satu fitur bawaan yang paling umum digunakan untuk screenshot adalah tombol Print Screen (PrtScn). Ketika tombol ini ditekan, gambar dari seluruh layar akan disalin ke clipboard. Pengguna kemudian dapat menempelkan gambar tersebut ke dalam aplikasi pengolah gambar atau dokumen lainnya.

Selain tombol Print Screen, laptop Asus juga biasanya dilengkapi dengan fitur Snipping Tool. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dari sebagian layar saja, sehingga lebih fleksibel dibandingkan dengan tombol Print Screen yang hanya dapat mengambil screenshot dari seluruh layar.

Fitur bawaan pada laptop Asus sangat penting bagi pengguna yang sering mengambil screenshot. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengambil screenshot dengan lebih cepat dan mudah, sehingga menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas.

Pertanyaan Umum tentang Cara Skrinsut Laptop Asus

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait cara skrinsut laptop Asus:

Pertanyaan 1: Bagaimana cara mengambil screenshot seluruh layar pada laptop Asus?

Untuk mengambil screenshot seluruh layar pada laptop Asus, Anda dapat menggunakan tombol Print Screen (PrtScn) atau kombinasi tombol Windows + PrtScn.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mengambil screenshot sebagian layar pada laptop Asus?

Untuk mengambil screenshot sebagian layar pada laptop Asus, Anda dapat menggunakan fitur Snipping Tool yang tersedia di sistem operasi Windows.

Pertanyaan 3: Di mana hasil screenshot disimpan?

Hasil screenshot biasanya disimpan di folder Pictures pada komputer Anda.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mengedit screenshot?

Anda dapat menggunakan aplikasi pengolah gambar seperti Microsoft Paint atau Photoshop untuk mengedit screenshot.

Pertanyaan 5: Apakah ada aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot?

Ya, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot, seperti Snipaste, Lightshot, dan Greenshot.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mengambil screenshot pada laptop Asus tanpa menggunakan keyboard?

Anda dapat menggunakan fitur bawaan pada laptop Asus yang memungkinkan Anda mengambil screenshot menggunakan touchpad atau gerakan tangan.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot pada laptop Asus dan memenuhi kebutuhan dokumentasi Anda.

Lanjut membaca: Tips dan trik mengambil screenshot yang efektif pada laptop Asus

Tips Menangkap Layar di Laptop Asus

Mengambil tangkapan layar atau screenshot merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai oleh pengguna laptop Asus. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menangkap layar dengan mudah dan efektif:

Tips 1: Gunakan Tombol Print Screen

Tombol Print Screen (PrtScn) adalah cara termudah untuk menangkap seluruh layar. Cukup tekan tombol ini, dan gambar layar akan disalin ke clipboard. Anda dapat menempelkan gambar tersebut ke aplikasi pengolah gambar atau dokumen.

Tips 2: Gunakan Kombinasi Tombol Windows + PrtScn

Untuk menangkap layar dan langsung menyimpannya sebagai file gambar, gunakan kombinasi tombol Windows + PrtScn. Gambar akan tersimpan secara otomatis di folder Pictures pada komputer Anda.

Tips 3: Gunakan Fitur Snipping Tool

Jika Anda ingin menangkap hanya sebagian layar, gunakan fitur Snipping Tool. Anda dapat memilih area yang ingin ditangkap dan menyimpannya sebagai file gambar atau menyalinnya ke clipboard.

Tips 4: Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain fitur bawaan Windows, terdapat juga aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda menangkap layar. Aplikasi ini biasanya menawarkan fitur tambahan seperti anotasi, pengeditan, dan berbagi.

Tips 5: Gunakan Pintasan Keyboard Asus

Beberapa laptop Asus memiliki pintasan keyboard khusus untuk menangkap layar. Carilah tombol dengan ikon kamera atau tombol yang bertuliskan “PrtScn”.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat dengan mudah menangkap layar di laptop Asus dan memenuhi kebutuhan dokumentasi Anda.

Pelajari juga: Cara mengedit dan mengelola tangkapan layar di laptop Asus

Kesimpulan

Mengambil screenshot merupakan cara penting untuk mendokumentasikan aktivitas di layar laptop Asus. Dengan berbagai metode yang tersedia, pengguna dapat memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Entah itu menggunakan tombol Print Screen, kombinasi tombol Windows + PrtScn, fitur Snipping Tool, aplikasi pihak ketiga, pintasan keyboard khusus Asus, atau fitur bawaan lainnya, pengguna dapat dengan mudah menangkap tampilan layar mereka.

Dengan mengikuti tips dan trik yang dibahas dalam artikel ini, pengguna dapat memaksimalkan penggunaan fitur screenshot pada laptop Asus. Dari menangkap seluruh layar hingga hanya sebagian area, mengedit dan mengelola screenshot, pengguna dapat mengoptimalkan alur kerja mereka dan memenuhi kebutuhan dokumentasi secara efisien.

Related Post