Cara Mengscreenshot Di Laptop Asus

administrator

Mengambil tangkapan layar (screenshot) di laptop Asus bisa dilakukan dengan beberapa cara, tergantung pada sistem operasi yang digunakan. Pada Windows 10 dan 11, pengguna dapat menggunakan tombol “PrtScn” pada keyboard untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar. Untuk mengambil tangkapan layar sebagian layar, pengguna dapat menggunakan kombinasi tombol “Alt + PrtScn”. Tangkapan layar akan tersimpan di clipboard dan dapat ditempelkan ke program pengolah gambar atau dokumen.

Pada sistem operasi Linux, pengguna dapat menggunakan perintah “scrot” untuk mengambil tangkapan layar. Perintah ini dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar atau sebagian layar. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan kombinasi tombol “Shift + PrtScn” untuk mengambil tangkapan layar dan menyimpannya sebagai file.

Mengambil tangkapan layar di laptop Asus merupakan fitur yang sangat berguna untuk mendokumentasikan informasi atau berbagi informasi dengan orang lain. Tangkapan layar dapat digunakan untuk menyimpan catatan penting, membuat tutorial, atau memberikan umpan balik kepada pengembang perangkat lunak.

Cara Mengscreenshot di Laptop Asus

Mengambil screenshot di laptop Asus sangatlah mudah dan bermanfaat. Berikut adalah 10 aspek penting yang perlu diketahui:

  • Tombol PrtScn
  • Kombinasi Alt + PrtScn
  • Perintah scrot
  • Penyesuaian area tangkapan
  • Penyimpanan otomatis
  • Berbagi screenshot
  • Annotasi tangkapan layar
  • Format file yang didukung
  • Pintasan keyboard khusus
  • Ekstensi browser

Menguasai aspek-aspek ini akan memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat dan efisien di laptop Asus mereka. Misalnya, menggunakan kombinasi tombol Alt + PrtScn memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dari jendela yang aktif saja, sementara perintah scrot di Linux menawarkan lebih banyak opsi penyesuaian. Selain itu, ekstensi browser seperti Nimbus Screenshot dan Lightshot menyediakan fitur tambahan seperti anotasi dan pengeditan langsung.

Tombol PrtScn


Tombol PrtScn, Tutorial

Tombol PrtScn adalah tombol penting yang terletak pada keyboard laptop Asus, yang memegang peranan krusial dalam mengambil tangkapan layar. Tombol ini memungkinkan pengguna untuk menangkap seluruh tampilan layar atau hanya area tertentu, tergantung pada metode yang digunakan.

  • Menangkap Seluruh Layar
    Menekan tombol PrtScn akan menangkap seluruh tampilan layar dan menyimpannya ke clipboard. Pengguna kemudian dapat menempelkan tangkapan layar ke program pengolah gambar atau dokumen.
  • Menangkap Area Tertentu
    Untuk menangkap hanya area tertentu dari layar, pengguna dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + PrtScn. Metode ini memungkinkan pengguna untuk memilih area yang ingin ditangkap dengan menyeret kursor mouse.
  • Penyimpanan Otomatis
    Tangkapan layar yang diambil menggunakan tombol PrtScn akan secara otomatis disimpan ke clipboard. Pengguna dapat mengakses tangkapan layar dengan menempelkannya ke program lain.
  • Berbagi Screenshot
    Setelah tangkapan layar disimpan ke clipboard, pengguna dapat dengan mudah membagikannya dengan orang lain melalui email, pesan instan, atau media sosial.

Tombol PrtScn merupakan fitur penting pada laptop Asus yang memungkinkan pengguna untuk mendokumentasikan informasi, membuat tutorial, atau memberikan umpan balik dengan cepat dan mudah.

Kombinasi Alt + PrtScn


Kombinasi Alt + PrtScn, Tutorial

Kombinasi tombol Alt + PrtScn merupakan salah satu cara efektif untuk mengambil tangkapan layar di laptop Asus. Metode ini sangat berguna ketika pengguna hanya ingin menangkap area tertentu dari layar, seperti jendela aktif atau bagian tertentu dari halaman web.

  • Menangkap Area Tertentu
    Dengan menekan tombol Alt + PrtScn secara bersamaan, pengguna dapat memilih area layar yang ingin ditangkap. Cukup seret kursor mouse untuk memilih area, dan tangkapan layar hanya akan mengambil area yang dipilih tersebut.
  • Penyimpanan Otomatis
    Sama seperti menggunakan tombol PrtScn saja, tangkapan layar yang diambil menggunakan kombinasi Alt + PrtScn akan secara otomatis disimpan ke clipboard. Pengguna dapat menempelkan tangkapan layar tersebut ke program pengolah gambar atau dokumen.
  • Berbagi Screenshot
    Setelah tangkapan layar tersimpan di clipboard, pengguna dapat dengan mudah membagikannya dengan orang lain melalui email, pesan instan, atau media sosial.
  • Penggunaan Praktis
    Kombinasi Alt + PrtScn sangat berguna dalam berbagai situasi, seperti menangkap gambar dari percakapan tertentu dalam aplikasi perpesanan, mengambil tangkapan layar dari bagian tertentu situs web untuk dijadikan referensi, atau mendokumentasikan langkah-langkah tertentu dalam tutorial.

Dengan memahami cara menggunakan kombinasi Alt + PrtScn, pengguna dapat mengambil tangkapan layar yang lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Metode ini melengkapi fungsi tombol PrtScn dan memberikan fleksibilitas lebih dalam mengambil tangkapan layar di laptop Asus.

Perintah scrot


Perintah Scrot, Tutorial

Dalam dunia sistem operasi Linux, perintah scrot memegang peran penting dalam mengambil tangkapan layar atau screenshot pada laptop Asus. Perintah ini menawarkan serangkaian opsi penyesuaian yang menjadikannya alat yang ampuh untuk menangkap dan menyimpan konten layar.

Salah satu keunggulan utama perintah scrot adalah kemampuannya untuk menentukan area tangkapan layar secara spesifik. Dengan menggunakan opsi -s, pengguna dapat memilih untuk menangkap seluruh layar, jendela aktif, atau area yang ditentukan secara manual menggunakan kursor mouse. Hal ini sangat berguna ketika pengguna hanya ingin menangkap bagian tertentu dari layar, seperti jendela percakapan atau bagian tertentu dari halaman web.

Selain itu, perintah scrot menyediakan fleksibilitas dalam menentukan format file tangkapan layar. Pengguna dapat memilih dari berbagai format, termasuk PNG, JPEG, dan BMP, tergantung pada kebutuhan dan preferensi mereka. Perintah scrot juga memungkinkan pengguna untuk menentukan kualitas tangkapan layar, memberikan kontrol lebih besar atas ukuran dan kualitas file.

Pemahaman tentang perintah scrot sangat penting bagi pengguna laptop Asus yang ingin mengambil tangkapan layar dengan tingkat penyesuaian dan kontrol yang lebih tinggi. Dengan memanfaatkan fitur-fitur perintah scrot, pengguna dapat memperoleh tangkapan layar yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan mereka, baik untuk keperluan dokumentasi, berbagi informasi, atau tujuan lainnya.

Penyesuaian area tangkapan


Penyesuaian Area Tangkapan, Tutorial

Penyesuaian area tangkapan merupakan aspek penting dalam “cara mengscreenshot di laptop Asus” karena memungkinkan pengguna untuk memilih bagian layar tertentu yang ingin diambil gambarnya. Hal ini sangat berguna dalam berbagai situasi, seperti ketika pengguna hanya ingin menangkap jendela aktif, bagian tertentu dari halaman web, atau area tertentu dari desktop.

Kemampuan untuk menyesuaikan area tangkapan memberikan kontrol lebih besar kepada pengguna atas konten tangkapan layar mereka. Dengan menentukan area yang tepat, pengguna dapat menghindari pengambilan bagian layar yang tidak perlu, sehingga menghasilkan tangkapan layar yang lebih fokus dan relevan. Selain itu, penyesuaian area tangkapan juga dapat membantu melindungi privasi dengan memungkinkan pengguna untuk mengecualikan informasi sensitif dari tangkapan layar.

Dalam konteks “cara mengscreenshot di laptop Asus”, penyesuaian area tangkapan biasanya dilakukan menggunakan kombinasi tombol atau perintah khusus. Misalnya, pada sistem operasi Windows, pengguna dapat menggunakan tombol Alt + PrtScn untuk menangkap jendela aktif, atau menggunakan alat Snipping Tool untuk memilih area tangkapan secara manual. Di sisi lain, pada sistem operasi Linux, pengguna dapat menggunakan perintah scrot dengan opsi -s untuk menentukan area tangkapan.

Dengan memahami cara menyesuaikan area tangkapan, pengguna laptop Asus dapat mengambil tangkapan layar yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini sangat bermanfaat untuk dokumentasi, berbagi informasi, dan berbagai tujuan lainnya.

Penyimpanan otomatis


Penyimpanan Otomatis, Tutorial

Penyimpanan otomatis merupakan salah satu aspek penting dalam “cara mengscreenshot di laptop Asus” karena memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna. Fitur ini memungkinkan tangkapan layar yang diambil secara otomatis tersimpan ke dalam clipboard, sehingga pengguna tidak perlu repot menyimpannya secara manual.

  • Kemudahan akses
    Dengan adanya penyimpanan otomatis, pengguna tidak perlu khawatir kehilangan tangkapan layar karena lupa menyimpannya. Tangkapan layar akan selalu tersedia di clipboard, siap untuk ditempelkan ke program pengolah gambar atau dokumen.
  • Hemat waktu
    Fitur penyimpanan otomatis dapat menghemat banyak waktu, terutama saat pengguna perlu mengambil banyak tangkapan layar dalam waktu singkat. Pengguna tidak perlu membuang waktu untuk menyimpan setiap tangkapan layar secara manual, sehingga dapat fokus pada tugas yang lebih penting.
  • Aliran kerja yang efisien
    Penyimpanan otomatis mendukung alur kerja yang lebih efisien dengan menghilangkan langkah-langkah manual dan memungkinkan pengguna untuk beralih dengan cepat antara mengambil tangkapan layar dan menggunakannya dalam aplikasi lain.
  • Dukungan lintas platform
    Fitur penyimpanan otomatis umumnya tersedia di berbagai sistem operasi dan aplikasi, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengambil dan menyimpan tangkapan layar terlepas dari perangkat atau platform yang mereka gunakan.

Dengan memahami peran dan manfaat penyimpanan otomatis, pengguna laptop Asus dapat memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan produktivitas dan kemudahan dalam mengambil tangkapan layar.

Berbagi screenshot


Berbagi Screenshot, Tutorial

Berbagi screenshot merupakan aspek penting dalam “cara mengscreenshot di laptop Asus” karena memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membagikan tangkapan layar dengan orang lain melalui berbagai saluran.

  • Kemudahan berbagi

    Dengan fitur berbagi screenshot, pengguna dapat dengan cepat dan mudah membagikan tangkapan layar melalui email, pesan instan, media sosial, atau platform berbagi file. Hal ini sangat berguna untuk kolaborasi, berbagi informasi, atau memberikan umpan balik.

  • Dukungan multi-platform

    Fitur berbagi screenshot biasanya didukung pada berbagai sistem operasi dan aplikasi, sehingga pengguna dapat berbagi tangkapan layar dengan pengguna lain yang menggunakan perangkat atau platform berbeda.

  • Penggunaan serbaguna

    Tangkapan layar dapat dibagikan untuk berbagai tujuan, seperti dokumentasi, pemecahan masalah, berbagi ide, atau sebagai bahan presentasi. Kemudahan berbagi screenshot memperluas kegunaannya dan menjadikannya alat komunikasi yang efektif.

  • Dukungan anotasi

    Beberapa alat berbagi screenshot juga memungkinkan pengguna untuk membuat anotasi atau mengedit tangkapan layar sebelum membagikannya. Fitur ini sangat berguna untuk menyoroti area tertentu, menambahkan catatan, atau memberikan instruksi tambahan.

Dengan memahami fitur berbagi screenshot dan bagaimana fitur ini terintegrasi dengan “cara mengscreenshot di laptop Asus”, pengguna dapat secara efektif memanfaatkan tangkapan layar untuk berbagi informasi, berkolaborasi dengan orang lain, dan berkomunikasi secara visual dengan mudah.

Annotasi tangkapan layar


Annotasi Tangkapan Layar, Tutorial

Dalam konteks “cara mengscreenshot di laptop Asus”, fitur anotasi tangkapan layar menjadi sangat penting karena memungkinkan pengguna untuk menambahkan catatan, gambar, atau bentuk ke tangkapan layar mereka, sehingga meningkatkan kegunaan dan nilai komunikatifnya.

  • Menambahkan Catatan

    Pengguna dapat menambahkan catatan teks ke tangkapan layar, memberikan penjelasan atau informasi tambahan. Ini sangat berguna untuk mengidentifikasi elemen penting, memberikan instruksi, atau menyorot area tertentu.

  • Menggambar Bentuk

    Fitur anotasi juga memungkinkan pengguna menggambar bentuk seperti lingkaran, persegi, dan panah pada tangkapan layar. Ini dapat membantu menyoroti area tertentu atau menghubungkan elemen yang berbeda dalam tangkapan layar.

  • Menyisipkan Gambar

    Dalam beberapa kasus, pengguna dapat menyisipkan gambar tambahan ke dalam tangkapan layar. Ini memungkinkan mereka untuk membandingkan tangkapan layar atau memberikan konteks tambahan.

  • Berbagi Anotasi

    Tangkapan layar yang telah diberi anotasi dapat dengan mudah dibagikan melalui email, pesan instan, atau platform berbagi file. Ini memudahkan kolaborasi dan umpan balik.

Dengan memahami pentingnya anotasi tangkapan layar dan cara menggunakannya secara efektif, pengguna laptop Asus dapat meningkatkan kualitas dan kegunaan tangkapan layar mereka, sehingga menjadi alat komunikasi dan dokumentasi yang lebih efektif.

Format File yang Didukung


Format File Yang Didukung, Tutorial

Dalam konteks “cara mengscreenshot di laptop Asus”, format file yang didukung berperan penting dalam menentukan kualitas, ukuran, dan kegunaan tangkapan layar. Berbagai format file menawarkan kelebihan dan kekurangan yang berbeda, sehingga pengguna harus memahami format yang tersedia untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • PNG

    PNG (Portable Network Graphics) adalah format lossless yang menghasilkan tangkapan layar berkualitas tinggi dengan ukuran file yang relatif kecil. Format ini cocok untuk tangkapan layar yang berisi teks, garis, dan warna solid.

  • JPEG

    JPEG (Joint Photographic Experts Group) adalah format lossy yang menghasilkan tangkapan layar dengan ukuran file yang lebih kecil dibandingkan PNG, namun dengan sedikit penurunan kualitas. Format ini cocok untuk tangkapan layar yang berisi foto, gambar, dan gradien warna.

  • BMP

    BMP (Bitmap) adalah format lossless yang menghasilkan tangkapan layar dengan ukuran file yang besar namun dengan kualitas tertinggi. Format ini cocok untuk tangkapan layar yang akan diedit atau dicetak.

  • GIF

    GIF (Graphics Interchange Format) adalah format yang mendukung animasi. Format ini cocok untuk tangkapan layar yang ingin menampilkan urutan gambar atau gerakan.

Dengan memahami format file yang didukung dan kelebihan serta kekurangannya, pengguna laptop Asus dapat memilih format yang optimal untuk tangkapan layar mereka, memastikan kualitas dan kegunaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pintasan Keyboard Khusus


Pintasan Keyboard Khusus, Tutorial

Penggunaan pintasan keyboard khusus memegang peranan penting dalam “cara mengscreenshot di laptop Asus” karena menawarkan cara yang cepat dan efisien untuk mengambil tangkapan layar. Pintasan ini memanfaatkan kombinasi tombol tertentu yang telah diprogram untuk melakukan tindakan tangkapan layar, sehingga menghemat waktu dan tenaga pengguna.

  • Pintasan Umum

    Pada laptop Asus yang menjalankan sistem operasi Windows, pintasan keyboard umum untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar adalah dengan menekan tombol “PrtScn”. Sedangkan untuk mengambil tangkapan layar jendela aktif saja, pengguna dapat menekan kombinasi tombol “Alt + PrtScn”.

  • Pintasan Kustomisasi

    Beberapa laptop Asus menyediakan aplikasi atau pengaturan khusus yang memungkinkan pengguna untuk mengatur pintasan keyboard mereka sendiri untuk tangkapan layar. Ini memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk memilih kombinasi tombol yang paling nyaman dan mudah diingat.

  • Pintasan Tambahan

    Selain pintasan dasar, beberapa laptop Asus juga menawarkan pintasan tambahan untuk fitur tangkapan layar yang lebih canggih. Misalnya, pengguna dapat menemukan pintasan untuk mengambil tangkapan layar yang digulir, menangkap area tertentu secara manual, atau bahkan merekam layar.

  • Manfaat Pintasan Keyboard

    Menggunakan pintasan keyboard khusus untuk tangkapan layar memiliki banyak manfaat. Selain menghemat waktu dan tenaga, pintasan ini juga dapat meningkatkan alur kerja pengguna dengan menyediakan cara yang lebih cepat dan efisien untuk mendokumentasikan informasi, berbagi visual, atau memecahkan masalah.

Dengan memahami peran dan manfaat pintasan keyboard khusus, pengguna laptop Asus dapat memanfaatkan pintasan ini secara efektif untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamanan saat mengambil tangkapan layar.

Ekstensi Browser


Ekstensi Browser, Tutorial

Dalam konteks “cara mengscreenshot di laptop Asus”, ekstensi browser memainkan peran penting dengan menyediakan fitur tangkapan layar yang lebih canggih dan mudah diakses langsung dari browser web.

Berbagai ekstensi browser yang tersedia, seperti Nimbus Screenshot dan Lightshot, menawarkan beragam fitur seperti:

  • Pengambilan tangkapan layar seluruh halaman atau sebagian halaman
  • Anotasi dan pengeditan tangkapan layar dengan teks, gambar, dan bentuk
  • Berbagi tangkapan layar dengan cepat melalui tautan atau media sosial
  • Integrasi dengan layanan penyimpanan cloud untuk kemudahan akses

Dengan menginstal ekstensi browser tangkapan layar, pengguna laptop Asus dapat dengan mudah mengambil, mengedit, dan berbagi tangkapan layar langsung dari browser mereka. Ekstensi ini sangat berguna untuk menangkap konten web, membuat tutorial, atau berkolaborasi dengan orang lain. Selain itu, ekstensi ini sering kali menyediakan pintasan keyboard atau ikon bilah alat untuk akses cepat, meningkatkan kenyamanan dan produktivitas pengguna.

Pertanyaan Umum tentang “Cara Mengscreenshot di Laptop Asus”

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait “cara mengscreenshot di laptop Asus”:

Pertanyaan 1: Bagaimana cara mengambil tangkapan layar seluruh layar di laptop Asus?

Jawaban: Tekan tombol “PrtScn” pada keyboard.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mengambil tangkapan layar bagian tertentu dari layar?

Jawaban: Tekan “Alt + PrtScn” pada keyboard untuk menangkap jendela aktif, atau gunakan alat seperti Snipping Tool untuk memilih area secara manual.

Pertanyaan 3: Di mana tangkapan layar disimpan?

Jawaban: Tangkapan layar secara otomatis disimpan ke clipboard. Pengguna dapat menempelkannya ke program lain seperti Paint atau Microsoft Word untuk menyimpannya sebagai file.

Pertanyaan 4: Bisakah saya mengedit tangkapan layar setelah mengambilnya?

Jawaban: Ya, pengguna dapat menggunakan program pengedit gambar seperti Paint atau GIMP untuk mengedit tangkapan layar.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mengambil tangkapan layar di laptop Asus yang menjalankan Linux?

Jawaban: Gunakan perintah “scrot” di terminal atau gunakan alat tangkapan layar bawaan seperti GNOME Screenshot.

Pertanyaan 6: Apakah ada cara untuk mengambil tangkapan layar dengan pintasan keyboard khusus?

Jawaban: Ya, beberapa laptop Asus menyediakan pintasan keyboard yang dapat disesuaikan untuk tangkapan layar. Periksa pengaturan keyboard atau gunakan aplikasi pihak ketiga seperti AutoHotkey untuk membuat pintasan khusus.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda menguasai “cara mengscreenshot di laptop Asus” dengan lebih baik.

Sekarang, mari kita beralih ke bagian berikutnya dari artikel ini…

Tips Mengambil Screenshot di Laptop Asus

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menguasai cara mengscreenshot di laptop Asus:

Tip 1: Gunakan Pintasan Keyboard

Menggunakan pintasan keyboard adalah cara tercepat untuk mengambil screenshot. Pada laptop Asus, Anda dapat menggunakan tombol “PrtScn” untuk mengambil screenshot seluruh layar atau “Alt + PrtScn” untuk mengambil screenshot jendela aktif.

Tip 2: Sesuaikan Area Tangkapan

Tidak selalu Anda ingin mengambil screenshot seluruh layar. Untuk mengambil screenshot area tertentu, Anda dapat menggunakan alat seperti Snipping Tool (Windows) atau GNOME Screenshot (Linux).

Tip 3: Simpan Screenshot dengan Format yang Tepat

Ada beberapa format file yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan screenshot, seperti PNG, JPEG, dan BMP. Pilih format yang sesuai dengan kebutuhan Anda. PNG cocok untuk gambar dengan teks dan garis, JPEG cocok untuk foto, dan BMP cocok untuk gambar berkualitas tinggi.

Tip 4: Anotasi Screenshot Anda

Untuk membuat screenshot Anda lebih bermanfaat, Anda dapat menambahkan anotasi seperti teks, gambar, dan bentuk. Ini berguna untuk memberikan penjelasan atau menyoroti area tertentu.

Tip 5: Bagikan Screenshot Anda dengan Mudah

Setelah Anda mengambil dan menganotasi screenshot Anda, Anda dapat membagikannya dengan mudah melalui email, pesan instan, atau media sosial. Anda juga dapat menggunakan layanan penyimpanan cloud untuk menyimpan dan mengakses screenshot Anda dari mana saja.

Dengan mengikuti tips ini, Anda akan dapat mengambil screenshot di laptop Asus dengan cepat dan mudah, serta memanfaatkannya secara maksimal untuk dokumentasi, berbagi informasi, dan banyak lagi.

Akhir kata, menguasai cara mengscreenshot di laptop Asus adalah keterampilan yang sangat berguna untuk dimiliki. Dengan tips yang telah diuraikan, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan komunikasi Anda dengan mudah.

Kesimpulan

Dengan memahami “cara mengscreenshot di laptop Asus”, kita dapat dengan mudah mendokumentasikan informasi penting, berbagi ide dengan orang lain, dan memecahkan masalah secara visual. Berbagai metode dan fitur yang tersedia, seperti tombol PrtScn, alat Snipping Tool, dan ekstensi browser, memungkinkan kita mengambil tangkapan layar dengan cepat dan efisien.

Penguasaan keterampilan ini sangat bermanfaat untuk berbagai aspek, baik dalam pekerjaan, pendidikan, maupun kehidupan pribadi. Dengan menguasai cara mengscreenshot, kita dapat mengomunikasikan informasi secara lebih efektif, berkolaborasi dengan lebih baik, dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Oleh karena itu, luangkan waktu untuk mempelajari dan mempraktikkan teknik-teknik yang telah diuraikan dalam artikel ini. Dengan demikian, Anda akan menjadi lebih mahir dalam menggunakan fitur tangkapan layar di laptop Asus Anda, membuka berbagai kemudahan dan manfaat dalam kehidupan digital Anda.

Related Post