Cara Membuat Ayam Kremes Sederhana

administrator


Cara Membuat Ayam Kremes Sederhana

Ayam kremes sederhana adalah hidangan ayam goreng yang dibalut dengan adonan tepung yang gurih dan renyah. Hidangan ini populer di Indonesia dan sering disajikan dengan nasi putih dan sambal. Cara membuat ayam kremes sederhana cukup mudah dan bahan-bahannya pun mudah ditemukan.

Ayam kremes sederhana memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Mudah dibuat, bahkan untuk pemula
  • Menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan
  • Rasanya yang gurih dan renyah
  • Cocok disajikan dengan berbagai macam hidangan

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat ayam kremes sederhana:

  1. Siapkan bahan-bahan:
    • 1 ekor ayam potong
    • 150 gram tepung terigu
    • 1 butir telur
    • 1/2 sdt baking powder
    • 1/2 sdt garam
    • 200 ml air
    • Minyak goreng
  2. Lumuri ayam dengan garam dan diamkan selama 15 menit.
  3. Buat adonan tepung: campurkan tepung terigu, telur, baking powder, garam, dan air. Aduk hingga rata.
  4. Celupkan ayam ke dalam adonan tepung, pastikan seluruh bagian ayam terbalut.
  5. Goreng ayam dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  6. Angkat ayam dan tiriskan.
  7. Ayam kremes sederhana siap disajikan.

Cara Membuat Ayam Kremes Sederhana

Ayam kremes sederhana adalah hidangan yang digemari banyak orang karena rasanya yang gurih dan renyah. Membuat ayam kremes sederhana juga tidak sulit, hanya perlu memperhatikan beberapa aspek penting, yaitu:

  • Bahan-bahan: Pastikan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik, seperti ayam segar dan tepung terigu yang bagus.
  • Adonan: Adonan harus memiliki kekentalan yang pas, tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Jika terlalu kental, kremes akan keras, sedangkan jika terlalu encer, kremes akan lembek.
  • Menggoreng: Goreng ayam dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan. Jangan terlalu sering membolak-balik ayam saat menggoreng agar kremes tidak rontok.
  • Meniriskan: Setelah digoreng, tiriskan ayam dengan baik agar minyaknya tidak membuat kremes menjadi lembek.
  • Menyajikan: Sajikan ayam kremes sederhana dengan nasi putih hangat dan sambal sesuai selera.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Anda dapat membuat ayam kremes sederhana yang gurih, renyah, dan menggugah selera. Hidangan ini cocok disajikan sebagai menu makan siang atau makan malam bersama keluarga tercinta.

Bahan-bahan


Bahan-bahan, Tutorial

Dalam membuat ayam kremes sederhana, pemilihan bahan-bahan yang berkualitas sangat penting. Ayam segar yang digunakan akan menghasilkan daging ayam yang empuk dan gurih, sedangkan tepung terigu yang bagus akan menghasilkan kremes yang renyah dan tidak mudah rontok.

  • Ayam segar

    Ayam segar memiliki tekstur yang lebih kenyal dan empuk dibandingkan ayam beku. Saat memilih ayam segar, pastikan ayam memiliki warna kulit yang cerah, tidak pucat atau kebiruan. Tekstur dagingnya juga harus kenyal dan tidak lembek.

  • Tepung terigu yang bagus

    Tepung terigu yang bagus untuk membuat ayam kremes adalah tepung terigu dengan protein sedang, sekitar 10-11%. Tepung terigu dengan protein sedang akan menghasilkan kremes yang renyah dan tidak mudah rontok.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik, Anda dapat menghasilkan ayam kremes sederhana yang gurih, renyah, dan menggugah selera.

Adonan


Adonan, Tutorial

Dalam pembuatan ayam kremes sederhana, adonan memiliki peran yang sangat penting. Kekentalan adonan akan menentukan tekstur kremes yang dihasilkan. Adonan yang terlalu kental akan menghasilkan kremes yang keras, sedangkan adonan yang terlalu encer akan menghasilkan kremes yang lembek.

  • Pengaruh Kekentalan Adonan pada Tekstur Kremes

    Kekentalan adonan berpengaruh langsung pada tekstur kremes. Adonan yang kental akan menghasilkan kremes yang keras dan renyah, sedangkan adonan yang encer akan menghasilkan kremes yang lembek dan tidak renyah.

  • Cara Menyesuaikan Kekentalan Adonan

    Kekentalan adonan dapat disesuaikan dengan menambahkan tepung terigu atau air. Jika adonan terlalu kental, tambahkan sedikit air. Jika adonan terlalu encer, tambahkan sedikit tepung terigu.

  • Tips Membuat Adonan yang Pas

    Untuk membuat adonan yang pas, disarankan untuk menggunakan tepung terigu dengan protein sedang. Tepung terigu dengan protein tinggi akan menghasilkan adonan yang keras, sedangkan tepung terigu dengan protein rendah akan menghasilkan adonan yang lembek.

  • Pentingnya Kekentalan Adonan yang Pas

    Kekentalan adonan yang pas sangat penting untuk menghasilkan ayam kremes sederhana yang gurih, renyah, dan menggugah selera.

Dengan memahami hubungan antara kekentalan adonan dan tekstur kremes, Anda dapat membuat ayam kremes sederhana dengan tekstur yang sesuai dengan selera Anda.

Menggoreng


Menggoreng, Tutorial

Proses menggoreng merupakan tahap krusial dalam cara membuat ayam kremes sederhana. Menggoreng yang tepat akan menghasilkan ayam kremes yang gurih, renyah, dan menggugah selera.

  • Pengaruh Suhu Minyak

    Suhu minyak yang digunakan untuk menggoreng sangat memengaruhi tekstur kremes. Minyak yang terlalu panas akan membuat kremes cepat gosong, sedangkan minyak yang terlalu dingin akan membuat kremes lembek dan tidak renyah.

  • Teknik Menggoreng

    Selain suhu minyak, teknik menggoreng juga memengaruhi tekstur kremes. Ayam tidak boleh terlalu sering dibolak-balik saat digoreng karena dapat membuat kremes rontok. Goreng ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan, kemudian angkat dan tiriskan.

  • Jenis Minyak Goreng

    Jenis minyak goreng yang digunakan juga berpengaruh pada rasa dan tekstur ayam kremes. Disarankan untuk menggunakan minyak goreng yang memiliki titik asap tinggi, seperti minyak goreng kelapa atau minyak goreng sawit.

  • Lama Menggoreng

    Lama menggoreng juga perlu diperhatikan untuk mendapatkan ayam kremes yang matang sempurna. Goreng ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan, tetapi jangan terlalu lama karena dapat membuat ayam menjadi kering.

Dengan memahami teknik menggoreng yang tepat, Anda dapat menghasilkan ayam kremes sederhana yang gurih, renyah, dan menggugah selera.

Meniriskan


Meniriskan, Tutorial

Setelah ayam kremes selesai digoreng, penting untuk meniriskan minyaknya dengan baik. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan minyak berlebih yang menempel pada ayam, sehingga kremes tidak menjadi lembek dan tetap renyah.

  • Pengaruh Minyak Berlebih pada Kremes

    Minyak berlebih yang menempel pada ayam dapat membuat kremes menjadi lembek dan tidak renyah. Hal ini karena minyak akan meresap ke dalam kremes, sehingga membuatnya kehilangan kerenyahannya.

  • Cara Meniriskan Minyak dengan Baik

    Untuk meniriskan minyak dengan baik, angkat ayam goreng dari wajan dan tiriskan pada rak kawat atau kertas tisu. Biarkan minyak menetes selama beberapa menit hingga minyak tidak lagi menetes.

  • Dampak Meniriskan Minyak pada Ayam Kremes

    Meniriskan minyak dengan baik akan menghasilkan ayam kremes yang gurih, renyah, dan tidak berminyak. Kremes akan tetap crispy dan tidak mudah melempem, sehingga ayam kremes dapat dinikmati lebih lama.

Dengan memahami pentingnya meniriskan minyak dan cara melakukannya dengan benar, Anda dapat menghasilkan ayam kremes sederhana yang gurih, renyah, dan menggugah selera.

Menyajikan


Menyajikan, Tutorial

Dalam penyajian ayam kremes sederhana, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk menyempurnakan pengalaman bersantap. Nasi putih hangat dan sambal merupakan pelengkap yang sangat tepat untuk hidangan ini, masing-masing memiliki peran penting dalam meningkatkan cita rasa dan kenikmatan ayam kremes.

  • Nasi Putih Hangat

    Nasi putih hangat menjadi teman yang ideal untuk ayam kremes sederhana karena dapat menyerap cita rasa gurih dari ayam dan kremes. Kehangatan nasi juga menambah kontras tekstur yang menyenangkan, menciptakan perpaduan yang harmonis antara kremes yang renyah dan nasi yang pulen.

  • Sambal

    Sambal dengan tingkat kepedasan sesuai selera memberikan sensasi pedas yang mampu membangkitkan selera makan. Pedasnya sambal berpadu apik dengan gurihnya ayam kremes, menciptakan pengalaman kuliner yang kaya rasa dan menggugah selera.

Dengan menyajikan ayam kremes sederhana bersama nasi putih hangat dan sambal, Anda dapat menikmati kelezatan hidangan ini secara maksimal. Kombinasi rasa dan tekstur yang dihadirkan akan membuat Anda ketagihan dan ingin menyantapnya lagi dan lagi.

Pertanyaan Umum tentang Cara Membuat Ayam Kremes Sederhana

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum beserta jawabannya mengenai cara membuat ayam kremes sederhana:

Pertanyaan 1: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam kremes sederhana?

Jawaban: Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain ayam potong, tepung terigu, telur, baking powder, garam, air, dan minyak goreng.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara membuat adonan ayam kremes yang pas?

Jawaban: Adonan ayam kremes yang pas tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Jika adonan terlalu kental, kremes akan keras, sedangkan jika adonan terlalu encer, kremes akan lembek.

Pertanyaan 3: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menggoreng ayam kremes?

Jawaban: Waktu yang dibutuhkan untuk menggoreng ayam kremes hingga matang dan berwarna kecoklatan sekitar 10-15 menit.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara meniriskan minyak dari ayam kremes dengan baik?

Jawaban: Setelah digoreng, tiriskan ayam kremes pada rak kawat atau kertas tisu agar minyaknya menetes dan tidak membuat kremes menjadi lembek.

Pertanyaan 5: Apa saja tips untuk membuat ayam kremes yang gurih dan renyah?

Jawaban: Beberapa tips untuk membuat ayam kremes yang gurih dan renyah antara lain menggunakan ayam segar, tepung terigu yang bagus, menggoreng ayam dalam minyak panas, dan meniriskan minyak dengan baik.

Pertanyaan 6: Apa saja variasi ayam kremes yang bisa dibuat?

Jawaban: Variasi ayam kremes yang bisa dibuat antara lain ayam kremes dengan kremes berwarna-warni, ayam kremes dengan tambahan bumbu rempah, dan ayam kremes dengan saus.

Dengan memahami jawaban dari pertanyaan umum tersebut, diharapkan dapat membantu dalam membuat ayam kremes sederhana yang gurih, renyah, dan menggugah selera.

Artikel selanjutnya: Pelajari teknik membuat kremes yang sempurna untuk ayam kremes sederhana

Tips Membuat Ayam Kremes Sederhana

Dalam membuat ayam kremes sederhana, terdapat beberapa tips yang dapat diikuti untuk menghasilkan ayam kremes yang gurih, renyah, dan menggugah selera:

Tip 1: Gunakan Ayam Segar

Ayam yang segar akan menghasilkan daging ayam yang empuk dan gurih. Pilihlah ayam yang memiliki warna kulit cerah, tidak pucat atau kebiruan. Tekstur dagingnya juga harus kenyal dan tidak lembek.

Tip 2: Gunakan Tepung Terigu yang Bagus

Tepung terigu yang bagus untuk membuat ayam kremes adalah tepung terigu dengan protein sedang, sekitar 10-11%. Tepung terigu dengan protein sedang akan menghasilkan kremes yang renyah dan tidak mudah rontok.

Tip 3: Buat Adonan dengan Kekentalan yang Pas

Adonan ayam kremes yang pas tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Jika adonan terlalu kental, kremes akan keras, sedangkan jika adonan terlalu encer, kremes akan lembek. Kekentalan adonan yang pas akan menghasilkan kremes yang renyah dan gurih.

Tip 4: Goreng Ayam dalam Minyak Panas

Menggoreng ayam dalam minyak panas akan membuat kremes cepat matang dan renyah. Panaskan minyak hingga mencapai suhu sekitar 170-180 derajat Celcius. Jangan terlalu sering membolak-balik ayam saat menggoreng agar kremes tidak rontok.

Tip 5: Tiriskan Minyak dengan Baik

Setelah digoreng, tiriskan ayam kremes dengan baik agar minyaknya tidak membuat kremes menjadi lembek. Angkat ayam goreng dari wajan dan tiriskan pada rak kawat atau kertas tisu. Biarkan minyak menetes selama beberapa menit hingga minyak tidak lagi menetes.

Tip 6: Sajikan dengan Nasi Putih Hangat dan Sambal

Ayam kremes sederhana paling nikmat disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal. Nasi putih hangat akan menyerap cita rasa gurih dari ayam dan kremes, sedangkan sambal akan menambah sensasi pedas yang menggugah selera.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat membuat ayam kremes sederhana yang gurih, renyah, dan menggugah selera. Nikmatilah kelezatan ayam kremes buatan sendiri bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Baca juga: Resep Ayam Kremes Sederhana dengan Kremes Renyah Tahan Lama

Kesimpulan

Cara membuat ayam kremes sederhana merupakan sebuah proses yang cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik, Anda dapat menghasilkan ayam kremes yang gurih, renyah, dan menggugah selera.

Ayam kremes sederhana tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan nutrisi. Ayam merupakan sumber protein yang baik, sedangkan kremes mengandung karbohidrat dan lemak. Kombinasi keduanya dapat memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas sehari-hari.

Selain itu, ayam kremes sederhana juga merupakan hidangan yang serbaguna. Anda dapat menikmatinya dengan nasi putih hangat, sambal, atau lalapan. Ayam kremes juga dapat dijadikan sebagai lauk pauk untuk berbagai jenis masakan lainnya.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ayam kremes sederhana yang telah dibahas dalam artikel ini. Nikmati kelezatannya bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Related Post